terima kasih atas kunjungannya..
semoga dapat bermanfaat..

Tuyul Benarkah Ada ??

Pada beberapa daerah di Indonesia pernah digegerkan dengan kejadian penampakan tuyul. Contohnya yang pernah terjadi di jalan bambu kuning daerah bekasi timur, atau di daerah sawojajar Malang yang terjadi pada tahun 1992. Biasanya sebelum muncul isu hantu tuyul, selalu diawali dengan banyaknya warga atau penduduk sekitar yang mengalami kehilangan uang dan kadang disertai dengan penampakan tuyul. Sosok hantu tuyul yang sering dilihat oleh masyarakat merupakan sesosok anak kecil yang kira-kira berusia 2-3 tahun, berkulit gelap keriput seperti orang tua, sangat kotor dan telanjang.
Kebanyakan orang mempercayai bahwa hantu tuyul berasal dari roh janin manusia yang mati secara tidak wajar (biasanya aborsi) kemudian dimanfaatkan dengan menggunakan ilmu hitam. Biasanya hantu ini dapat dilihat oleh pemiliknya dan seorang ahli supranatural semacam dukun atau cenayang. Hantu tuyul dapat dimiliki dengan cara melakukan kontrak perjanjian antara calon pemilik dan dukun.
Kontrak dilakukan dengan memenuhi persyaratan tertentu seperti pemberian imbalan kepada sang dukun, melakukan sesaji secara rutin, menyediakan tumbal, atau melakukan semedi di tempat keramat. Tuyul dimanfaatkan untuk memperoleh kekayaan secara instan dan terlarang (pesugihan). Selain harus menyediakan sesaji dihari-hari tertentu, perempuan dari anggota keluarga pemilik wajib menyusui tuyul, meski hal tersebut dapat membahayakan kesehatan. Dan hantu tuyul tersebut dapat diturunkan secara turun temurun.
Menurut salah seorang supranatural, penampakan tuyul sering terjadi disaat hujan di malam hari, sebab hantu ini diyakini senang bermain air dan hewan yuyu (sejenis ketam air tawar). Agar tuyul tertangkap dibutuhkan bantuan keahlian supranatural, dan diberi pancingan permainan kegemaran. Permaian kegemaran tuyul hampir sama dengan permainan anak-anak pada umumnya, contohnya seperti kelereng. Kemudian tuyul yang tertangkap akan dimasukkan ke dalam wadah tertutup seperti botol atau toples.
Selain itu terdapat beberapa cara untuk mengantisipasi hantu tuyul agar uang tidak mudah dicuri oleh tuyul antara lain dengan menggulung uang rapat-rapat dan diikat dengan karet, meletakkan kaca di atas uang atau meletakkan di atas pintu depan pintu masuk, atau meletakkan kalung bawang putih diatas pintu. Tidak ada salahnya jika terdapat seseorang di daerah Anda yang mengabarkan terjadi penampakan tuyul, maka lakukan segera penelusuran fakta, sebagai tindakan antisipasi dan keamanan daerah Anda.

0 komentar:

Posting Komentar